Klik ini untuk Kembali ke BERANDA UTAMA

'Episode Akhir Zaman' (bag.5 tamat)


Rangkuman Kajian Online RDM : edisi Minggu 19 Februari 2012

TEMA               : Mengintip Azab Neraka
PEMATERI      : Abuakmal Mubarok
Moderator      : Yuliaty Ahmad

Bismillahirahmaanirrahiiim.
Innalhamdulillah nahmaduhu wa nasta'inuhuu wa nastaghfiruhu wa na'uudzubillahi min syuruuri 'anfusina wa min sayyiaati a'malinaa man yahdillahu fallaa mudhilllalah wa man yudhlilhu falaa haadiyalah. Asyahadul anlaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyahdu anna muhammadan abduhu wa rosuluh laa nabiya ba'da. Allahuma Sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihi 'ajmaiin


Kita lanjutkan pembahasan kali ini mengenai neraka. Neraka dalam bahasa arab sering disebut degnan istilah "Naar" yang artinya "api". Sebagaimana firman Allah "Dan mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh naar (api neraka), kecuali selama beberapa hari saja." Katakanlah: "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui" (Q.S . Al-Baqarah [2]: 80)

Namun neraka memiliki beberapa nama lain yaitu :

1. Al-Hariiq yaitu yang membakar Ia mendapat kehinaan di dunia dan dihari kiamat Kami merasakan kepadanya azab al hariiq (neraka yang membakar) ( Q.S. Al-Hajj [22] : 9 ) "Rasailah azab hariiq yang membakar ini".(QS Al-Hajj : 19-22)

2. Neraka Jahannam

Apakah orang-orang itu tidak mengerti bahwa sesungguhnya siapa saja orang yang membantah (yakni berani durhaka) kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia akan memperoleh siksa Neraka Jahanam, kekal didalamnya dan yang sedemikian ini adalah suatu kehinaan yang besar sekali.” ( Q.S. At-Taubah [9] : 63 )
 “Sesungguhnya orang-orang yang kaafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk. (Q.S. Al-Baiyyinah (98) :6)

3. Neraka Hawiyah
maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? Yaitu) api yang sangat panas (Q.S. Al-Qaari’ah [101] :9-11 )

4. Neraka Jahiim Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim. (Q.S.At-Takaatsur : 6).
Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang- orang yang sesat" (Q.S. Asy Syu’araa : 91)
Dan Allah memelihara mereka daripada azab neraka (Q.S. Al-Dukhan ayat : 56)

4. Neraka Wail "Dan kecelakaan (wail) bagi orang-orang kafir karena siksaan yang sangat pedih" (Q.S. Ibrahim : 2).

5. Neraka Sa’iir. " Dan dia akan masuk ke dalam saiir (api yang menyala-nyala /neraka). (Q.S. Al-Instiqaaq [84] :12 )

6. Neraka Lazho. Lazho artinya adalah lidah api. Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya itu adalah lazho (api yang bergolak) yang mengelupas kulit kepala (Q.S. Al-Ma’aarij [70] :15-16 )

7. Neraka Saqar .
"Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). (Q.S. Al-Mudaatsir [74] :26-30 )

8. Huthomah artinya sangat dahsyat.
"Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan yang (membakar) sampai ke hati (Q.S. Al Humazah [104] : 2-7)


APAKAH NERAKA ITU BERTINGKAT DAN BERLAPIS?

Ya, neraka itu bertingkat dan berlapis berdasarkan firman Allah yang artinya :
Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah mereka pun lapisan-lapisan (dari api). Demikianlah Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengan azab itu. Maka bertakwalah kepada-Ku hai hamba-hamba-Ku (Q.S. Az-Zumar [39]:16).

Menurut sebagian ‘Ulama, “Jahananam” adalah: “neraka yang palign dalam.
Al-hafidz al-Munziri menyebutkan dalam kitabnya at-Tarhib wat-Targhib, antaranya dari Abi Sa’id ra, dari Nabi SAW, baginda bersabda: “Wail adalah sebuah tempat di neraka Jahanam yang padanya orang kafir dijatuhkan selama empat puluh tahun sebelum ia menyentuh dasarnya.” (H.R. Ahmad dan Tirmidzi)
Tirmidzi berkata, “Hadits tsb gharib (menyendiri diriwayatkan oleh 1 orang saja), kami hanya mengetahuinya hadits tsb dari Ibnu Lahi’ah dari Darraj.’


APAKAH NERAKA MEMILIKI PINTU?

Ya neraka memiliki 7 pintu yang akan dilewati dari pintu-pintu tersebut oleh para penghuni neraka sesuai dengan kadar dosa dan maksiat yang mereka lakukan di dunia.
Allah SWT berfirman (artinya): “Dan Sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengekor-pengekor setan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.” (Q.S. Al-Hijr: 43-44).

Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. (H.R. At-Tirmidzi dalam Sunan-nya no. 682 dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya no. 1682, dihasankan Asy-Syaikh Albani rahimahullahu dalam Al-Misykat no. 1960).

Hadits di atas juga menjelaskan bhw neraka memiliki pintu
Dalam sebuah ayat dikatakan bahwa pintu neraka ini akan ditutup Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, mereka itu adalah golongan kiri. Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat.” (Q.S. Al-Balaad [90] : 19-20).

Ada sebuah hadits di kalangan Syi'ah yang meriwayatkan Fathimah r.a. berkata kepada ayahnya, semoga hidupku menjadi tebusanmu, “Mengapa Ayahanda menangis?” Nabi SAW menjawab, "Ya Fathimah, mengapa aku tidak boleh menangis?, karena sesungguhnya Jibril telah menyampaikan kepadaku sebuah ayat yang menggambarkan kondisi neraka. Neraka mempunyai tujuh pintu, dan pintu-pintu itu mempunyai tujuh puluh ribu celah api. Pada setiap celah ada tujuh puluh ribu peti mati dari api, dan setiap peti berisi tujuh puluh ribu jenis azab”.


MALAIKAT PENJAGA NERAKA  

"Dan (malaikat-malaikat) yang membagi-bagi urusan, (Q.S. Adz-Dzaariyaat [51] : 4)
Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata): "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar", (tentulah kamu akan merasa ngeri). ( Q.S. Al-Anfaal [8] : 50 )
Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat (Q.S. Al-Mudaatsir [74] : 30).

Selain 19 malaikat juga ada Malaikat Malik 
 “Mereka berseru: "Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja". (QS. Al-zukhruf: 77)
Maka Malikat Malik menjawab, "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini). Sesungguhnya Kami benar-benar telah membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu.” (QS. Al-Zukhruf: 78)
Selain Malaikat Malik ada malaikat Zabaniyah

Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya) kelak Kami akan memanggil Zabaniyah (malaikat yang bertugas menyiksa penghuni neraka) (QS. Al-‘Alaq: 17-18)

TEMPAT PENGINTAI DI NERAKA
" Sesungguhnya neraka Jahannam itu (padanya) ada tempat pengintai, lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya (Q.S. An-Naba [78] :21-23)

APAKAH NERAKA BISA MELIHAT??

Ya, ternyata neraka itu memiliki mata dan bisa melihat
“Apabila Neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya.” (Q.S. Al-Furqon[25] :12).

Dari Abu Hurairah r.a. “Akan keluar pada hari Kiamat leher dari api neraka, ia memiliki dua mata, dan melihat, memiliki telinga dan mendengar dan memiliki lidah, lalu berbicara: ‘Sesungguhnya aku (api neraka) diciptakan oleh Allah untuk menyiksa tiga golongan manusia, yaitu orang yang sangat kejam, sangat angkuh dan menolak kebenaran. Kedua, manusia yang menyeru dan berdo’a kepada selain Allah. Ketiga, Manusia yang melukis.” (H.R. Tirmidzi No. 2574)
Jadi neraka itu digambarkan memiliki leher, mata telinga dan lidah sehingga bisa berbicara. Tentu hal ini harus diterima secara keimanan, tidak bisa dibayangkan sebagaimana kejadian di dunia.

Dari Abu Umamah r.a. Sahabat berkata lagi, “Ya Rasulullah, engkau mengatakan bahwa Jahannam mempunyai dua mata.” Mereka bertanya : “Ya Rasullah, apakah Jahannam mempunyai mata?”. Rosuulullooh SAW menjawab: “Ya, apakah kalian tidak mendengar bahwa Allah SWT berfirman(seperti QS. Al Furqoon (25) ayat 12): “Apabila Neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya”, maka kalian tahu bahwa Jahannam itu dapat melihat?” (H.R. Thabrani).

Imaam Al Qurthuby berkata tentang Sanad Hadits ini: “Hadits ini disebutkan oleh Roziin dalam Kitabnya dan dishohiihkan oleh Ibnul ‘Arobi dalam Qobas-nya dan Imaam At Turmudzy meriwayatkannya dari Hadits Abu Hurairoh, dan beliau mengatakan bahwa Hadits ini Hasan Ghorib Shohiih.” (Lihat Tafsiir Al Qurthuby 13/8)

Al Imaam Asy Syaukaani, beliau mengatakan: “Tidaklah mustahil Allah SWT menjadikan i neraka itu memiliki kemampuan untuk melihat

NERAKA MEMILIKI SUAMI-SUAMI

Inilah yang unik. Ternyata neraka itu dikabarkan memiliki suami-suami siapakah suami neraka??
 Dari Abu Saa’id Al Khudry r.a., bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda: Jika Allah SWT kumpulkan manusia di satu padang pada hari Kiamat, Api Neraka itu akan mengejar satu-sama-lain. Kemudian penjaga-penjaga neraka akan mencegahnya, lalu api neraka berkata: “Demi Allah Yang Maha Perkasa, aku akan berkholwat (berdua-dua aja), menangkap suami-suamiku dan aku akan peluk mereka.”Kemudian ditanya: “Siapa suami kalian?” Dijawabnya: “Setiap orang yang sombong dan kejam”Kemudian api Neraka menjulurkan lidahnya, menyantap manusia dan mencampakkannya kedalam perutnya. Lalu hal itu terus dilakukannya, sedangkan para penjaga api neraka berusaha menghentikannya. Api Neraka berkata, “Demi Allah Yang Maha Perkasa, aku akan berkholwat (berdua-dua saja), menangkap suami-suamiku dan aku akan peluk mereka.”
Kemudian ditanya: “Siapa suami kalian?” Dijawabnya: “Setiap orang yang kejam dan kafir.”Kemudian api Neraka menjulurkan lidahnya, menyantap manusia dan mencampakkannya kedalam perutnya. Lalu hal itu terus dilakukannya, sedangkan para penjaga api neraka berusaha menghentikannya. Api Neraka berkata, “Demi Allah Yang Maha Perkasa, aku akan berkholwat (berdua-dua saja), menangkap suami-suamiku dan aku akan peluk mereka”
Kemudian ditanya lagi: “Siapa suami kalian?” Dijawabnya: “Setiap orang yang sombong dan ujub / bangga diri.” Kemudian api Neraka menjulurkan lidahnya, menyantap manusia dan mencampakkannya kedalam perutnya. Lalu hal itu terus-menerus dilakukannya, sehingga Allah SWTputuskan perkara diantara mereka.” (H.R. Abu Ya’la)


MINUMAN PENDUDUK NERAKA

1. Air Sangat Panas  
Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka (Q.S. Yunus [10] :4)
Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas , Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan mendidih (Q.S. Al-Waaqi’ah [56] :54-56)

2. Air Yang Sangat Dingin  
Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin. (Q.S. Al-Shad [38] :57)
3. Minum Nanah mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah (Q.S. An-Naba [78] :24-25)


APA MAKANAN PENDUDUK NERAKA? 

 Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa, (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang amat panas. Peganglah dia kemudian seretlah dia ke tengah-tengah neraka, Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya siksaan (dari) air yang amat panas (Q.S. Ad-dukhaan[44] :43-48).

Apakah pohon zaquum itu? Yaitu pohon yang buahnya berduri duri panjang..
Ibnu Abbas r.a. ketika menafsirkan ayat di atas: Bahwa “makanan yang menyumbat di kerongkongan” itu adalah duri yang nyangkut di kerongkongan yang tidak bisa masuk dan tidak pula keluar. Sehingga makanan itu hanya akan menambah kepedihan dan kesengsaraan
APA PAKAIAN PENGHUNI NERAKA? Pakaian mereka adalah dari aspal / cairan besi dan muka mereka ditutup oleh api neraka” (Q.S. Ibrahim : 49-50)
Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.” (QS. Al-Hajj: 19)

APA TEMPAT TIDUR & SELIMUT PENGHUNI NERAKA?
Allah SWT berfirman: “Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang zhalim.” (Q.S. Al-A’raaf [7] : 41)

APA PERHIASAN PENDUDUK NERAKA?
Sebagaimana penghuni surga memiliki perhiasan, maka penghuni nerakapun memiliki perhiasan

1. Belenggu Karena sesungguhnya pada sisi kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala.” (Q.S. Al Muzammil: 12)
2. Rantai

Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta." (Al-Haqqah [69]:30-32)

3. Sandal Api
Dari Nukman bin Basyir diriwayatkan bahwa ia berkata: Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksanya adalah orang yang mengenakan sepasang sandal dengan tali dari api neraka, lalu dengan itu maka mendidihlah otaknya sebagaimana mendidihnya air dalam bejana. Ia beranggapan bahwa tidak ada orang ain yang lebih besar siksanya dari dirinya. Padahal itu adalah siksa yang paling ringan”. (H.R. Muslim No. 196)


APA DI NERAKA ADA BINATANG?
Abdullah bin Jubair meriwayatkan bahawa Rasulullah SAW. bersabda: " di dalam neraka ada ular-ular sebesar leher unta, jika menggigit maka rasa redih bisanya tetap terasa hingga empat puluh tahun. Juga didalam neraka ada kala sebesar keledai, jika menggigit maka akan terasa pedih bisanya selama empat puluh tahun

APA DI NERAKA ADA POHON?
Allah SWT menjelaskan adanya pohon zaqqum “Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu. Maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum tersebut.” (Ash Shaffat : 64-66)

BERAPA KEDALAMAN NERAKA?
Utuk mendapatkan gambaran mengenai betapa dalamnya neraka, perhatian hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a berikut ini:
Ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba terdengar suaru benda yang jatuh. Lalu nabi SAW bertanya : tahukah kalian suara apa ini? Kami menjawab : ALLAH dan RasulNYA yang lebih tahu. Nabi SAW bersabda : Ini adalah suara jatuhnya batu yang dilemparkan ke dalam neraka selama 70 tahun silam, dan sekarang baru jatuh di dalam neraka" (H.R. Muslim)

BERAPA LUASNYA NERAKA?
An Naar (neraka) itu amat sempit tapi amat sangat dalam sehingga daya tampungnya tidak akan penuh meskipun dimasuki oleh orang–orang durhaka sejak zaman Nabi Adam a.s. sampai hari kiamat.
Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka itu dengan dibelenggu, mereka di sana mengharapkan kebinasaan . (Q.S. Al-Furqan [25]: 13)

PANASNYA API NERAKA
Api anaak Adam yang biasa dipakai untuk memasak (kadarnya) adalah bagian dari tujuh puluh bagian api neraka (H.R. Bukhari)

PERCIKAN BUNGA API NERAKA
Api neraka itu juga melontarkan bunga-bunga api. Seberapa besar dan bagaimana warna bunga api tersebut? “Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana. Seolah-olah seperti iringan unta yang kuning.” (Q.S. Al-Mursalat : 32-33)

SUARA API NERAKA Bagaimana dengan suara api neraka itu? Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya): “Apabila An Naar melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara yang menyala-nyala.” (Q.S. Al Furqon : 12)

JENIS SIKSAAN DI NERAKA Di akhirat para penghuni neraka akan menjalani hukuman berupa siksa yang sangat pedih. Siksaan yang mereka derita dalam neraka itu bermacam-macam sekali, sy kutipkan beberapa saja seperti berikut:

1. Dibakar Dahi Lambung dan Punggung "Dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka." (Q.S. At-Taubah [9]:35)

2. Dibelenggu di leher "Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, supaya mereka diseret, kedalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api."(Al-Mu’min [40]:71-72)

3. Dituangkan Air Panas di Kepala
"Peganglah dia kemudian seretlah dia ketengah-tengah neraka. Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya siksaan (dari) air yang amat panas. Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia." (Ad-Dukhan [44]:47-49)

4. Dibelit Rantai Yang Amat Panjang "Peganglah dia lalu belenggulah tangannya kelehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta." (Al-Haqqah [69]:30-32)

5. Dikelupas Kulit Kepala sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak yang mengelupas kulit kepala (Q.S. Al-Ma’aarij [70] : 15-16)

6. Isi Perut Hancur Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).” (QS. Al-Hajj: 20).

7. Cambuk Besi  Dan cambuk-cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, maka mereka dikembalikan kedalamnya, (serta dikatakan kepada mereka): "Rasailah azab yang membakar ini." (Al-Hajj [22]:19-22)

8. Usus Terpotong-Potong “Sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?” (QS. Muhammad: 15)

9. Usus Terburai , “Akan didatangkan seorang lelaki pada hari kiamat kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka dan terburailah isi perutnya di neraka sebagaimana seekor keledai yang berputar mengelilingi penggilingan. Maka berkumpullah para penduduk neraka di sekitarnya. Mereka bertanya, “Wahai fulan, apa yang terjadi padamu, bukankah dahulu kamu memerintahkan yang ma’ruf kepada kami dan melarang kami dari kemungkaran?”. Lelaki itu menjawab, “Dahulu aku memerintahkan kalian mengerjakan yang ma’ruf sedangkan aku tidak melakukannya. Dan aku melarang kalian dari kemungkaran namun aku justru melakukannya (H.R. Bukhari)


AZAB YANG PALING RINGAN DI NERAKA
Azab yang paling ringan di neraka pada hari kiamat adalah dua butir bara api yang diletakkan di kedua telapak kakiknya yang dapat mendidihkan otak (H.R. Tirmidzi)
Dan masih banyak lagi jenis siksaan di neraka yang tak terbayangkan oleh manusia bahkan tidak masuk dalam imajinasi manusia paling kejam sekalipun.

“Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka adzabnya.” (QS. Faathir: 36)
“Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab.” (QS. Al-Nisa’: 56).

“Maka pada hari itu tiada seorang pun yang (pernah) menyiksa seperti siksa-Nya,” (QS. Al-Fajr: 25).


DOA BERLINDUNG DARI AZAB NERAKA

Oleh karena itu kita berlindung pada Allah dari siksa api neraka
Ya Rabbi, aku berlindung kepada-Mu dari adzab di neraka dan adzab di kubur.” (HR. Muslim)
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dar siksa kubur dan siksa neraka, dari fitnah hidup dan fitnah mati serta dari fitnah al-Masih Dajjal.” (H.R. Bukhari dan Muslim)
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa api neraka." (Q.S. Al Baqarah: 201)

Sesi Tanya Jawab :

T : Neraka itu kan ada 7 pintu, bisa dijelaskan scr singkat pak budi, setiap pintu itu disediakan untuk orang2 yang seperti apa?
J : Baiklah memang ada hadits yang menjelaskan hal tsb, namuan sy blm bisa mengkonfirmasi derajat hadits tsb shahih atau tidak. Namun sekadar sebagai wacana dan peringatan bagi kita maka baiklah kita kutipkan di sini.

Diriwayatkan dalam Anwar Nu'maniyah dan Biharul Anwar bahwa ketika Jibril turun membawa ayat di atas tadi, Nabi saww memintanya untuk menjelaskan kondisi neraka. Jibril menjawab: "Wahai Nabi Allah, sesungguhnya di dalam neraka ada tujuh pintu, jarak antara masing-masing pintu sejauh tujuh puluh tahun, dan setiap pintu lebih panas dari pintu yang lain, nama-nama pintu tersebut adalah: 1. Hawiyah (arti harfiahnya: jurang), pintu ini untuk kaum munafik dan kafir. 2. Jahim, pintu ini untuk kaum musyrik yang menyekutukan Allah. 3. Pintu ketiga untuk kaum sabian (penyembah api). 4. Lazza, pzntu ini untuk setan dan para pengikutnya serta para penyembah api. 5. Huthamah (menghancurkan hingga berkeping-keping), pintu ini untuk kaum Yahudi. 6. Sa'ir (arti harfiahnya: api yang menyala-nyala), pintu ini untuk kaum kafir. Tatkala sampai pada penjelasan pintu yang ketujuh, Jibril terdiam. Nabi saw maminta Ia untuk menjelaskan pintu yang ketujuh, Jibril pun menjawab: "Pintu ini untuk umatmu yang angkuh"; yang mati tanpa menyesali dosa-dosa mereka.

T : Ada seorang suami yg ingkar lalai akan kewajiban ibadahnya tapi memiliki istri yg taat kepada allah akankah nanti d akhirat doa istrinya dapat meringankan azabnya.....
J : Doa seorang istri bisa jadi akan meringankan adzab suaminya di surga namun yg lebih utama taubat dari yang bersangkutan. Karena walaupun diringankan, adzab neraka dan (sebelumnya) ada adzab kubur itu amat dahsyat, keringanan itu tidak ada artinya dibandigkan beratnya adzab itu sendiri. Sedangkan yang bisa membebaskannya sama sekali adalah ampunan Allah dan syafaat dari Rasulullah SAW, maka jalannya adalah dengan memohon ampun dan taubat, perbanyak istighfar, tutupi dengan kebaikan yang banyak. Wallahua'lam.

T : Dari Abu Hurairah r.a. “Akan keluar pada hari Kiamat leher dari api neraka, ia memiliki dua mata, dan melihat, memiliki telinga dan mendengar dan memiliki lidah, lalu berbicara: ‘Sesungguhnya aku (api neraka) diciptakan oleh Allah untuk menyiksa tiga golongan manusia, yaitu orang yang sangat kejam, sangat angkuh dan menolak kebenaran. Kedua, manusia yang menyeru dan berdo’a kepada selain Allah. Ketiga, Manusia yang melukis.” (H.R. Tirmidzi No. 2574) apakah orang yang melukis juga kelak diazab dineraka??
J : Islam mengharamkan orang melukis dan membuat patung khususnya makhluk bernyawa karena dalam proses melukis dan mematung itu ada proses penghayatan yang meyerupai proses mencipta.. selain itu Jin menyukai berdiam pada patung2.. Jika lukisannya adalah makhuk tak bernyawa tidak mengapa. Namun hal ini berbeda dengan hukum fotografi karena prosesnya adalah menahan bayangan /cahaya melalui alat kamera ke atas media yang peka cahaya. Walaupun hasilnya lebih realistis ketimbang lukisan namun yang dipermasalahkan adalah proses yg menyerupai penciptaannya. Maka berdasarkan hadits tsb pelukis dan pematung diancam degnan adzab neraka.

T : Neraka itu ada di mana sekarang?? trus untuk neraka dan surga yg diperlihatkan Alloh kpd nabi muhammad saw saat isro' miraj itu neraka yg sesungguhnya ato hanya penggambaran saja??
J : Surga dan neraka ada di sidratul muntaha langit ke-7 berdasarkan hadits Rasulullah SAW ketika Isra' ke Sidratul Muntaha
Kemudian Jibril mengantar aku ke Sidratul Muntaha, yang diliputi oleh warna-warna yang sulit dilukiskan keindahannya. Kemudian aku masuk ke dalam surga, yang cahayanya seperti cahaya mutiara dan tanahnya seperti kesturi.” (H.R. Bukhari)
Demiian pula diceritakan mayat di alam barzakh ditampakkan olehnya surga atau neraka sesuai amalnya.

Sesungguhnya bila salah seorang di antaramu meninggal, maka diperlihatkan kepadanya tempatnya di waktu pagi dan petang. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia ahli surga. Dan jika termasuk ahli neraka, maka ia ahli neraka. Lalu dikatakan kepadanya: ”Inilah tempatmu sehingga Allah bangkitkan kamu pada hari Kiamat.” (H.R. Bukhari)
Jika surga dan neraka belum diciptakan bagaimana mungkin Rasulullah SAW melihatnya? Dan bagaimana mungkin ditampakkan pada mayat di alam kubur?
Yang ditampakkan adalah surga dan neraka yang memang sudah ada walaupun manusia masih menunggu di alam barzakh. Ia dihuni oleh malaikat dan makhluk2 lain yang Allah SWT sendiri mengetahuinya.

Bahkan sebelum menciptakan manusia, surga dan neraka telah diciptakan lebih dahulu, berdasarkan hadits berikut :
Dia berfirman kepada Jibril: ”Pergi dan lihatlah neraka.” Maka Jibril pergi dan melihatnya. Kemudian ia datang dan berkata: ”Demi keagunganMu ya Rabb, tidak seorangpun yang mendengar perihal neraka bakal mau memasukinya.” Kemudian Allah lapisi neraka dengan asy-syahawaat (hal-hal yang disukai manusia) lalu Allah berfirman: ”Hai Jibril, pergi dan lihatlah neraka.” Maka Jibril pergi dan melihatnya. Kemudian ia datang dan berkata: ”Demi keagunganMu ya Rabb, sungguh aku khawatir tidak akan ada orang yang bakal lolos dari api neraka.” (H.R. Abu Daud)

T : Apakah orang shalih yang masuk syurga dapat menolong keluarga atau kerabatnya yang ada di neraka?? Misalnya anak shalih yang menolong orang tuanya yang berada di neraka atau sebaliknya orang tua yang menolong anaknya yang berada di neraka.. dan Apakah seorang muslim yang pernah melakukan dosa yang besar,tapi sebelum dia meninggal dia telah melakukan taubat nasuha masihkah dia akan merasakan adzab neraka kelak pak ustadz? Karena Dalam Al-qur'an Allah tidak akan mendzalimi hambaNya sedikitpun, Kebaikan yang dilakukan sebesar dzarrah akan dibalas,dan kejahatan sebesar dzarrah juga akan dibalas pula,?
J : Orang shalih bisa menolong keluarganya tergantung sejauh mana kesalihannya. Jika kesalihannya itu membuat ia memiliki hak memberi syafaat pada keluarganya, atau ia mati sbg syuhada sehingga memiliki hak syafaat maka ia bisa menolong keluarganya.
Sedangkan doa istri, anak yg sholehm teman dan kerabat bisa dipanjatkan utk menambahi amalnya, meringankan adzabnya selama yg meninggal itu menunggu di alam barzakh hingga kiamat kelak
Adapuan jika sebelum wafat ia telah bertaubat dan taubatnya itu diterima Allah tentu saja ia tidak akan mendapat siksa baik di alam kubur maupun neraka. Wallahua'lam

T : Apkh akan masuk neraka orang yg semasa hidupny menganut agama kepercayaan, yaitu agama yang meyakini adanya Allah namun tidak pernah mengerjakan shalat, dan sebelum meninggal orang tersebut bersyahadat dan bertakbir...
J : Orang yang tidak beriman pada Allah dan hari akhir akan masuk neraka. Dan Kami nampakkan Jahannam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas.” (QS. Al-Kahfi: 100).
Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang kafir?.” (QS. Al-Ankabut: 68).
Jangankan kafir, orang yangmunafik pun diancam masuk ke dalam neraka.. Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka dan bagi mereka azab yang kekal.” (QS. At-Taubah: 68).

Demikian pula orang-orang muslimpun jika ia mengerjakan dosa maka ia akan masuk neraka, untuk dibalas dosanya, kecuali ia telah bertaubat sebelum meninggalnya.
Misalnya orang muslim yang memakan harta anak yatim.
Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). (Q.S. An-Nisaa [4]:10).

Sesungguhnya orang-orang yang menggunakan harta Allah dengan cara tidak benar, bagi mereka adalah neraka pada hari kiamat." (H.R Bukhari).

Namun semua orang yang ada iman walau sebiji sawit pun akhirnya akan diselamatkan masuk surga yaitu tentu setelah ia dicuci habis dosanya di neraka terlebih dahuylu
Sungguh, aku benar-benar tahu penghuni neraka yang keluar terakhir dari sana dan penghuni surga yang terakhir masuk ke dalamnya, yaitu seorang yang keluar dari neraka dengan merangkak. Lalu Allah berfirman: Pergilah, masuklah ke dalam surga. Dia pun mendatangi surga, tapi terkhayal padanya bahwa surga itu penuh. Maka ia kembali dan berkata: Ya Tuhanku, aku temukan surga telah penuh.

Allah berfirman: Pergilah, masuklah ke dalam surga, karena sesungguhnya menjadi milikmu semisal dunia dan sepuluh kali kelipatannya atau, sesungguhnya bagimu sepuluh kali lipat dunia. Orang itu berkata: Apakah Engkau mengejekku (atau menertawakanku), sedangkan Engkau adalah Raja? Abdullah bin Masud berkata: Aku benar-benar melihat Rasulullah saw. tertawa sampai kelihatan gigi geraham beliau. Dikatakan: Itu adalah penghuni surga yang paling rendah kedudukannya. (Shahih Muslim No.272)
Orang yang ada iman walau seberat biji sawai Insya Alalh ujungnya akan masuk surga. Namun jika ia banyak dosa ia masuk neraka terlebih dahulu entah 1 tahun 2 tahun atau sekaian lama hanya Allah yang tahu hingga dosanya habis dibalas
Jadi yang kekal di dalam neraka hanyalah orang kafir dan munafik hakiki (yang intinya sebenarnya ia kafir).

Adapun orang yangmengucapkan Syahadat di akhir hayatnya ia memang akan masuk surga.. namun jangan dikira itu mudah.. dalam kondisi segar saja ia tak mau mengucap syahadat bagaimana lagi dalam kondisi sakaratul maut yang berat...apakah benar ia mampu mengucap syahadat???
Demikian pula pertanyaan itu memasuki khilafiyah (perbedaan pendapat) ulama dalam masalah fikih ttg musik ada yang mengharamkan total, ada yg mengharamkan terbatas, ada yang membolehkan asal di saat tertentu dan bnyk pendapat lagi, tidak bisa dijelaskan secara singkat

T : Saya pernah dengar sebuah hadits bahwa kelak semua manusia akan masuk surga,tapi setelah melewati neraka dulu.
J : Dari ‘Itban r.a. “Sesungguhnya Allah mengharamkan atas Neraka orang yang mengucapkan “Laa illaha illallah” karena menginginkan ridha Allah.”(H.R. Bukhari dan Muslim)
Maka pada dasarnya semua orang yang meyakini keesaan Allah akan masuk surga. Namun jika ia banyak melakukan dosa sehingga timbangan amal buruknya lebih berat dari amal kebaikannya maka ia akan dihisab (doperhitungkan dosanya) di neraka
Dalam hadits disebutkan bahwa orang2 berimanpun memoghonkan syafaat bagi kerabat dan rekan yg dihukum di surga : Mereka pun memintakan syafaat, hingga keluar orang-orang yang mengucap: Laa ilaaha illallah dari neraka dan orang-orang yang di hatinya terdapat kebaikan seberat gandum. Mereka ditempatkan di halaman surga, sedangkan ahli surga memerciki mereka dengan air, sampai mereka tumbuh bagaikan tumbuhnya sesuatu (tumbuhan) di dalam banjir. Hilanglah hangus tubuh mereka. Kemudian ia (orang terakhir) meminta Allah memberikannya dunia dan sepuluh kali lipatnya. (H.R. Muslim No.278).

Jadi lihatlah kalimat bahwa "keluarlah orang yang mengucapkan Laa ilaaha ilallah dadri neraka: jadi syarat minimimal adalah mengesakan Allah dan tidak mempersekutukan Allah dengan apapun.

Sedangkan orang yang syirik tetap kekal di dalam neraka.  Allah berfirman kepada penghuni neraka yang paling ringan siksaannya: Seandainya kamu mempunyai dunia serta isinya, apakah kamu akan menebus dengan semua itu? Orang itu menjawab: Ya. Allah berfirman: Aku telah meminta darimu yang lebih ringan daripada ini ketika kamu masih berada di tulang punggung Adam, yaitu agar kamu tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu (aku kira beliau juga bersabda) dan Aku tidak akan memasukkanmu ke neraka. Tetapi kemudian kamu enggan dan tetap menyekutukan-Ku (H.R. Muslim No. 5018)

SELESAI. 
-Team admin RDM-

Silahkan share dan copast. MOHON MENCANTUMKAN SUMBERNYA !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar