Klik ini untuk Kembali ke BERANDA UTAMA

'Episode Rukun Iman' (bag.1)


Rangkuman Kajian Online RDM : edisi Minggu 04 Maret 2012

TEMA            : Bersahabat Dengan Malaikat Allah (Episode Rukun Iman, bag. 1)
PEMATERI     : Abuakmal Mubarok
Moderator     : Yuliaty Ahmad

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh 
Bismillaahirrahmaaniirrahiim. Alhamdulillahiladzi anzala ‘alaa ‘abdihil kitaab wa lam yaj alahu iwaja. Asyahdu ana ilaha illa Allah, wahdahula syarikalahu wa asyahadu anna muhammadan abduhu wa rasululuh laanabiya ba’da. Allahuma sholli alaa Muhammad wa ‘alaa aalihi wa sohbihi wa saliimu taslima.

Pembahasan 1.

Setelah kita yg lalu membahas alam jin, kiamat, alam barzah surga neraka, kita akan lanjutkan mengenai malaikat. malaikat dari kata al-alukah atau uluukah yang artinya ‘risalah (pengutusan)
malaikat adalah salah satu makhluk Allah yang terbuat dari nur / cahaya. “Dari ‘Aisyah r.a. Nabi SAW bersabda : “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari inti nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diciptakan kepada kalian” (H.R. Muslim no. 2996).

Maka percaya akan adanya malaikat itu adalah bagian dari keimanan dan termasuk aqidah serta termasuk salah satu dari rukun iman. “Barangsiapa kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan Hari Kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh-jauhnya” (Q.S. An Nisaa’ [4] : 136)

APAKAH MALAIKAT DAPAT DILIHAT?

Malaikat salah satu makhluk, dan hamba Allah yang tergolong makhuk ghaib. Sehingga dalam kondisi normal dan dalam wujud aslinya tidak dapat dilihat oleh panca indera manusia.
Dalam beberapa kasus manusia bisa melihat malaikat yaitu ketika malaikat menampakkan dirinya dengan ijin Allah, dan bukanlah manusia yang dapat melihatnya
Rasulullah SAW bertanya kepada Umar r.a. : “Ya Umar, tahukah engkau siapa yang ber-tanya tadi. Umar menjawab; “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Lalu Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya ia adalah Jibril yang datang mengajarkan ad diin kepada kalian.” (H.R. Muslim).

Kadang kala Rasulullah SAW dapat melihat malaikat, namun orang lain tidak melihatnya.
Nabi berkata kepada isterinya Aisyah, “Ini Malaikat Jibril, dia mengucapkan salam untukmu. Aisyah pun mengatakan engkau bisa melihat apa yang tidak bisa kami lihat.” (H.R Bukhari dan Muslim).

Namun pada hari kiamat kelak manusia dapat melihat malaikat dengan wujud yang aslinya :
Pada hari itu mereka melihat malaikat. Di hari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa mereka berkata: "Hijraan mahjuuraa” (Q.S. Al-Furqon [25] : 22)


APAKAH KETIKA MALAIKAT MUNCUL DI DUNIA ITU DALAM WUJUD ASLINYA?

Ya dan tidak. Dalam berbagai ayat diriwayatkan bahwa malaikat menjelma dalam wujud seorang manusia yang sempurna atau laki-laki tampan maka ia (malaikat) menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna” (Q.S. Maryam [19]: 17).

Dari Aisyah r.a. Nabi SAW bersabda : kadang-kadang Malaikat datang dalam bentuk seorang pria dan berbicara kepada saya dan saya memahami apa katanya. ” ‘Aisyah r.a. menambahkan: Sesungguhnya aku melihat Nabi menerima wahyu Ilahi pada hari yang sangat dingin sementgara melihat keringat jatuh dari keningnya (H.R. Bukhari).

Dalam Al-Qur’an juga diceritakan bahwa ketika malaikat bertamu ke rumah Nabi Luth a.s. dalam rupa lelaki yang tampan maka kalangan lelaki dari kaum Nabi Luth a.s. yang homo/gay menyukainya
Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah dan merasa sempit dadanya karena kedatangan mereka, dan dia berkata: "Ini adalah hari yang amat sulit.
Sehingga Nabi Luth a.s. memperingatkan kaumnya agar memilih puterinya dan tidak mengganggu tamunya yang tidak lain adalah malaikat.

Dan (Luth) datang kepadanya kaumnya dengan bergegas-gegas. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang keji. Luth berkata: "Hai kaumku, inilah puteri-puteriku, mereka lebih suci bagimu, maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)ku terhadap tamuku ini. Tidak adakah di antaramu seorang yang berakal?" (Q.S. Huud [11]: 77-78).

Namun dalam sebuah hadits dikatakan bahwa malaikat Jibril SUATU KALI menampakkan kepada Rasulullah SAW dalam wujud aslinya
Nabi SAW mengabarkan bahwa beliau pernah melihat Jibril dalam wujud aslinya, yang ternyata mempunyai enam ratus sayap yang dapat menutupi cakrawala (HR. Bukhari).

Dari Abdullah bin Mas’ud r.a., ia berkata: “Rasulullah SAW pernah melihat malaikat Jibril dalam bentuk aslinya yang mempunyai enam ratus sayap, dan setiap sayap menutup ufuk, dari sayapnya berjatuhan berbagai warna, mutiara dan permata yang hanya Allah sajalah yang mengetahui keindahannya.” (H.R. Imam Ahmad dalam musnadnya)


APAKAH ADA HAL YANG BISA MENYEBABKAN MALAIKAT TERLIHAT?

Dari Usaid bin Hudhair r.a., dia mengatakan ketika dia membaca surat Al-Baqarah di malam hari,kudanya yang sedang tertambat tiba2 berputar-putar, lalu ia (Usaid) diam, dan kuda itupun diam, Kemudian dia teruskan bacaannya.
lalu kuda itu berputar lagi, lalu ia bangkit karena putranya Yahya berada di dekat kuda tersebut dan khawatir akan tersepak kuda. Ketika ia mengambil putranya ia melihat ke langit dan menyaksikan sesuatu.
Keesokan harinya ia menceritakan peristiwa itu pada Rasulullah SAW lalu Nabi bersabda : “Bacalah wahai Ibnu Hudhair. Dia menjawab : Wahai Rasulullah saya kasihan pada putra saya Yahya malam itu ia berada di dekat kuda, lalu saya mengangkat kepala saya dan bangkit menujunya, saya melihat ke arah langit tiba-tiba di sana ada seperti atap dan ada beberapa pelit beberapa pelita, saya keluar untuk menyaksikan namun sudah tidak ada lagi. Beliau SAW bersabda : “Tahukah kamu apa itu?” Dia menjawab : “Tidak” Rasulullah bersabda : “Itu adalah malaikat yang mendekat karena mendengar bacaanmu. Seandainya kamu terus membaca surat Al-Baqarah itu, tentu orang-orang akan melihat malaikat secara jelas” (H.R. Bukhari).

Namun hadits di atas tidak bisa disimpulkan apakah dapat dilihatnya Malaikat akibat pembacaan Al-Baqarah adalah keistimewaan Usaid bin Hudhair r.a.? Atau berlaku umum bisa terjadi pada semua orang?


APAKAH BINATANG DAPAT MELIHAT MALAIKAT ?

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila kalian mendengar ayam jantan berkokok maka mintalah karunia dari Allah, karena sesungguhnya ayam itu melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, berlindunglah kepada Allah dari godaan dan tipu daya syaithan karena keledai itu telah melihat syaithan". (H.R. Bukhari Muslim
Dari hadits di atas dapat disimpulkan bahwa bbrp binatang tertentu dpt melihat malaikat


APAKAH MALAIKAT BERBICARA DAN MENDENGAR?

Jelas dalam Ayat Al-Qur’an menunjukkan bahwa para malaikat itu berdialog dengan Allah SWT
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman yang artinya, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Q.S. Al-Baqarah [2] : 30)


APAKAH MANUSIA BISA BERDIALOG DENGAN MALAIKAT?

Dalam kondisi malaikat menjelma menjadi manusia maka manusia dapat berdialog dengan malaikat. Hal ini terlihat jelas pada kasus turunnya wahyu pertama pada Rasulullah SAW di gua hiro
Demikian pula ketika berdialog dengan Nabi Ibrahim a.s.
Maka tatkala rasa takut hilang dari Ibrahim dan berita gembira telah datang kepada nya, diapun berdialog dengan (malaikat-malaikat) Kami tentang kaum Luth. (Q.S. Huud [11] : 74)


BERAPA JUMLAH MALAIKAT?  

Di antara dalil yang menunjukkan banyaknya bilangan malaikat dan tidak ada yang dapat menghitungnya kecuali Allah Ta’ala. Dalam sebuah hadits di katakan di Baitul Makmur (Akhirat) ada 70.000 malaikat
Dari Ali bin Abi Thalib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya " (H.R. Imam Ahmad dalam Al Musnad no. 754)
Sedangkan dalam ayat Qur’an dikatakan : “Dan (ingatlah) hari (ketika) langit pecah belah mengeluarkan kabut putih dan diturunkan malaikat bergelombang-gelombang”. (Q.S. Al-Furqon [25] : 25).

ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut." (Q.S. An-Anfaal [8] : 10). kita lihat bahwa malaikat jumlahnya amat banyak dan hanya Allah lah yang mengetahui berapa banyak jumlah malaikat.


SEPERTI APA CIRI FISIK MALAIKAT?

a. Makhluk yang sangat besar  
Dari Aisyah r.a. Nabi SAW bersabda “Aku melihatnya (Jibril) turun dari langit, tubuhnya yang besar menutupi antara langit sampai bumi” (H.R. Muslim No. 177)

b. Memiliki Sayap  
Abdullah bin Mas’ud r.a. menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW melihat jibril memiliki enam ratus sayap (H.R. Bukhari No. 4857)

c. Elok Rupanya Allah SWT berfirman, yang artinya, “Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat. Makhluk yang mempunyai paras yang indah; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli.” (QS. An Najm: 5)

d. Bukan pria, bukan wanita  
apakah Kami menciptakan malaikat-malaikat berupa perempuan dan mereka menyaksikan(nya)?” (Q.S. Ash Shaffat : 149 – 150).

Said bin Musayyib, beliau menyatakan bahwa para malaikat itu bukan laki-laki dan bukan perempuan, tidak makan, tidak minum, tidak menikah dan tidak berketurunan.


MALAIKAT BERADA DI MANA?  

Salah satu pertanyaan yang timbul adalah sehari-hari malaikat itu ada dimana?

a. Malaikat Ada Di Baitul Makmur  
Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya baitul makmur berada di langit yang ketujuh sebagaimana Ka’bah di bumi, setiap hari terdapat 70 ribu malaikat yang shalat di dalamnya kemudian apabila mereka telah keluar maka tidak akan kembali lagi.” (H.R. Bukhari & Muslim)

b. Malaikat Berada Memikul Arsy  
“(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya Q.S. Al-Mu’min [40] : 7).

c. Malaikat Ada Di Langit  
“Dan (malaikat-malaikat) yang turun dari langit dengan cepat, dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang, dan (malaikat-malaikat) yang mengatur urusan (dunia).” (Q.S. An-Naazi’aat [79] : 3-5)

d. Malaikat Ada Di Tubuh Kita  
“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah” (Q.S. Ar-Ra’d [13] : 11)


APA SAJA NAMA MALAIKAT DAN TUGASNYA ?  

Mengenai hal ini saya rasa tidak perlu dibahas panjang lebar karena saya yakin Anda semua telah tahu hal ini sejak SD. Namun dlm hal ini ada nama2 yg selama ini blm disebutkan di pelajaran sekolah2 dan ada juga nama2 yg tidak ada dasarnya dalam ayat maupun hadits

1. Jibril (Barat: Gabriel) yang ditugasi menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Rasul-Nya jelas ini disebutkan dlm bnyk ayat “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S. Al Qadar [97] : 4)

2. Israfil yang ditugasi meniup sangkakala. nah nama Israfil ini menurut Ali al Halabi berdasarkan hadits yg lemah. Haditsnya sbb : Nabi SAW bersabda : “ Sesungguhnya setelah Allah selesai menciptakan langit dan bumi Dia menciptakan sangkakala lalu sangkakala tersebut Allah serahkan kepada Israfil. Israfil lantas memasukkan sangkakala tersebut ke dalam mulutnya sambil pandangannya memelotot ke arah arsy, menunggu kapankan dia akan diperintahkan untuk meniup sangkakala.”

3. Malaikat Izroil yang ditugasi mencabut nyawa. Nama di Al-Qur'an tidak disebut Izroil melainkan malaikat maut
Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat- malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya (Q.S. Al-An’am [6] : 61)
 “Katakanlah: Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu.” (Q.S. As-Sajdah: 11)

4. Demikian pula Nama malaikat Raqib dan Atid tidak disebutkan secara jelas dalam ayat dan hadits. Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-hafizin/pejaga) yang selalu mengawasi (kiroman katibin) (pekerjaanmu, yang mulia dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu) mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S. Al-Infithaar [82]: 10-12)
“Apakah mereka mengira, bahwa Kami tidak mendengar rahasia dan bisikan-bisikan mereka? Sebenarnya (Kami mendengar), dan utusan-utusan (malaikat-malaikat) Kami selalu mencatat di sisi mereka.” (Q.S. Az-Zukhruf [43] : 80).

Dari Abu Umamah r.a., dari Nabi SAW. sabdanya: “Malaikat yang di sebelah kanan (yang menjadi penulis kebaikan) ialah ketua kepada yang di sebelah kiri; maka apabila seseorang melakukan sesuatu kebaikan, dituliskan baginya kebaikan itu menjadi sama dengan sepuluh kebaikan yang tersebut dan apabila ia melakukan sesuatu kejahatan, lalu Malaikat yang di sebelah kiri hendak menulisnya, berkatalah Malaikat yang di sebelah kanan tunggu dahulu; lalu ia menunggu selama enam atau tujuh jam; kemudian jika orang itu beristighfar dari perbuatan jahat itu, tidaklah dituliskan sesuatu pun; dan jika ia tidak meminta ampun kepada Allah Taala, dituliskan baginya satu kejahatan sahaja."(H.R. Tabarani dan Ibnu Mardawaih)

Perlu diketahui bhw ternyata malaikat pencatat amal ini tetap berada di alam kubur menyertai mayit dan nantinya akan menjadi saksi di sidang hisab / perhitungan amal2
Dari Anas r.a., dari Nabi s.a.w., sabdanya: "Sesungguhnya Allah telah menugaskan dua Malaikat untuk menulis segala apa yang dilakukan atau dituturkan oleh seseorang hamba-Nya
apabila orang itu mati - maka Tuhan perintahkan kedua Malaikat itu dengan firman-Nya: "Hendaklah kamu berdua tinggal tetap di kubur hamba-Ku itu serta hendaklah kamu mengucap tasbih, tahmid dan takbir hingga ke hari qiamat dan hendaklah kamu menulis pahalanya untuk hamba-Ku itu." (H.R. Thabrani)

6. Malaikat Sa’iq dan Syahid Dan datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan dengan dia seorang (malaikat) Sa’iq (penggiring) dan (malaikat) Syahid (penyaksi) (Q.S. Qaaf [50] : 21).

7. Malaikat Zabaniyah yang berjumlah sembilan belas malaikat yang merupakan malaikat penjaga neraka dan pemukanya adalah malaikat Malik. kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah (Q.S. Al-‘Alaq [96] : 19)

8. Para malaikat yang diserahi untuk menanyai mayit ketika telah diletakkan di dalam kuburnya. Ketika itu, dua malaikat mendatanginya untuk menanyakan kepadanya tentang Rabb-nya, agamanya dan nabinya “Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya : "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?." (Q.S. An-Nisaa [4] : 97)

9. Malaikat Harut Marut “Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut (Q.S. Al-Baqarah [2] : 102)

10. Malaikat Penyangga Arsy yang berjumlah delapan Allah SWT berfirman artinya : "Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka" (Q.S. Al-Haaqah [69] : 17)

Dan masih banyak nama malaikat lainnya sebagaimana yg Anda telah mafhum. Sy hanya menambahkan hal2 yg sering belum disebutkan di pelajaran sekolah2


SEPERTI APA SIFAT MALAIKAT ?

a. Malaikat Selalu Taat  
Allah berfirman, yang artinya, penjaganya (neraka) malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S. At Tahrim [66] : 6).

b. Malaikat Selalu bertasbih  
Allah berfirman, yang artinya, “Mereka (para Malaikat) selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” (Q.S. Al Anbiya’[21] : 20).

c. Malaikat Selalu Bershalawat  
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (Q.S. Al-Ahzab [33] : 56)
Dari Barra' bin `Azibra., Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang - orang) yang berada pada shaf- shaf terdepan" (H.R. Abu Daud, Ibnu Khuzaimah dishahihkan oleh Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud I/130).

d. Malaikat Tidak Lelah  
Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun (Q.S. Al-Maarij [70] : 4)

e. Malaikat Selalu Melaporkan Dengan Tertib  
Dari Abu Hurairah r.a. Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat `ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat `ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, `Bagaimana kalian meninggalkan hambaku ?', mereka menjawab, `Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat'" (Imam Ahmad dalam Al Musnad no. 9140)

f. Malaikat Memohonkan Ampun  
Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa `Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'" (H.R. Ibnu Hibban hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dlm Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

g. Malaikat Mendoakan Orang Beriman  
Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya `Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia'" (H.R. Muslim no. 469)

h. Memiliki rasa takut kepada Allah  
Dari Jabir r.a. Rasulullah SAW bersabda : “Pada saat malam Isra’ Mi’raj aku melewati Mala’ A’la (para malaikat) sedangkan Jibril bagaikan tikar karpet yang usang karena takut kepada Allah (H.R. Thabrani dalam Mu’jam Austah

i. Malaikat Memiliki Rasa Malu Nabi SAW bersabda mengenai Utsman, “Tidakkah aku merasa malu terhadap seseorang (Utsman) yang para malaikat pun merasa malu terhadapnya.” (H.R. Bukhari).
Dan masih banyak sekali sifat2 malaikat yang diterangkan dalam ayat dan hadits2.

  
SESI TANYA JAWAB:

T  : alam sebuah hadist di sebutkan barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan bersamanya,tapi kalo tidur dalam keadaan belum mandi besar apakah Allah akan melaknatnya sampe terbit fajar?
J : Sebagaimana hadits Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa `Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'" (H.R. Ibnu Hibban hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37) Namun jika tidak bersuci / junub tidak dilaknat hanya saja dikhawatirkan mendapat gangguan syaithan karena syaithan menyukai yg najis/hadats

T : Tentang malaikat harut marut bisa di jelaskan lagi
J : Tentang malaikat harut marut ayatnya sbb : Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya (Q.S. Al-Baqarah [2] : 102). Malaikat Harut Marut ini mengajarkan sihir kepada Bani Israil yg sering dikenal dengan Kabalah (black magicnya Yahudi). Namun sebelum itu pun Fir'aun telah memiliki sihir. Sehingga sihir yang diajarkan Harut dan Marut ini hanya salah satu versi dari sihir2 yang ada.

T : jd dalam islam juga ada sihir?
J : Sihir ya sihir. Islam tidak mengajarkan sihir. Malaikat mengajarkan sihir atas perintah Allah sebagai cobaan bagi manusia.

T : "Sesungguhnya Adam diciptakan dengan tangan-Nya dan malaikat diciptakan lewat kalimat-Nya." (sumber: oaseimani.com)
J  : Mengenai Tangan Allah termasuk hal2 yang sebaiknya kita tidak mentakwilkannya. Kaum Mu'tzailah mencoba menakwilkan Tangan Allah itu sebagai kekuasaan Allah. Sedangkan sikap kami ahlu sunnah wal jamaah adalah "diam" no comment yang jelas tangan Allah tidak seperti tangan2 pada makhluqNya. Adapun kenapa berbeda Adam dengan Tangan Allah sedangkan Malaikat hanya dengan FirmanNya.. Wallahua'lam ini mgkn menunjukkan bahwa manusia diciptakan dengan sebaik bentuk dan sesmpurna penciptaan dibanding makhluq Allah lainnya.. sehingga sampai2 diungkapkan Allah menciptakan manusia dengan tanganNya sendiri. Firman Alllah : Innal insaana fiii ahsani taqwiim dengan sebaik baik dan sesempurna penciptaan. Sedankan malaikat diciptakan hanya dari ruh dan cahaya Allah ia tidak dibekali kebebasan kehendak dimana itu adalah sebqagian dari sifat KeTuhan-an. Maka penciptaan malaikat lebih sederhana cukup dengan KalimatNya. Lalu perkataan KalimatNya ini karena Malaikat adalah perantara kalam (wahyu) Allah sehingga melalui Malaikatlah kalimat Allah diwahyukan kepada para nabiNya

T : Ada hadist yg mengatakan (saya lupa lafal hadistnya), bahwa nabi SAW pernah melihat malaikat jibril dalam bentuk yg asli, yaitu ketika nabi dalam perjalanan mi'raj dan tiba di sidratul muntaha utk menerima wahyu perintah sholat. benarkah itu pak? kalau hadist nya itu shahih, berarti malaikat jibril pernah menampakkan diri dalam wujud yg asli kepada manusia (mksdnya kepada nabi saw). Lalu seperti apakah gambaran wujud malaikat jibril yg asli itu? adakah hadist yg menerangkan..??
J : Di awal kajian sdh dikutip hadits bhw suatu kali Rasulullah melihat Jibril dengan wujud aslinya.. itu cuplian dari hadits Isra Mi'raj yg panjang. Nabi SAW mengabarkan bahwa beliau pernah melihat Jibril dalam wujud aslinya, yang ternyata mempunyai enam ratus sayap yang dapat menutupi cakrawala (HR. Bukhari).  Dari Abdullah bin Mas’ud r.a., ia berkata: “Rasulullah SAW pernah melihat malaikat Jibril dalam bentuk aslinya yang mempunyai enam ratus sayap, dan setiap sayap menutup ufuk, dari sayapnya berjatuhan berbagai warna, mutiara dan permata yang hanya Allah sajalah yang mengetahui keindahannya.” (H.R. Imam Ahmad dalam musnadnya)
Jadi malaikat Jibril aslinya bersaya 600 dan warna warni (tapi ini belum tentu malaikat lainnta spt ini aslinya. Ini hanya Jibril)

T : ana mau bertanya ttg hadits:

1). Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya baitul makmur berada di langit yang ketujuh sebagaimana Ka’bah di bumi, setiap hari terdapat 70 ribu malaikat yang shalat di dalamnya kemudian apabila mereka telah keluar maka tidak akan kembali lagi.” (H.R. Bukhari & Muslim) maksud dr "keluar maka tidak akan kembali lagi" itu keluar dr mana? dr baitul makmur ato dr ka'bah? jk keluar dr baitul makmur ( maupun ka'bah) & tdk kembali lg, trus tinggalnya di mana?  2). Malaikat Selalu Melaporkan Dengan Tertib Dari Abu Hurairah r.a. Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat `ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat `ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, `Bagaimana kalian meninggalkan hambaku ?', mereka menjawab, `Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat'" (Imam Ahmad dalam Al Musnad no. 9140)  maksud "berkumpul" di sini di mana?

J : Baitul Makmur adalah suatu tempat di Akhirat di Sidratul Muntaha dimana di situ malaikat senantiasa bertasbih. Malaikat yang masuk ke situ di tugaskanuntuk bertasbih saja dan tidak keluar lagi dari tempat itu. Ada pun Nabi Adam a.s. ketika diturunkan ke bumi merindukan suasana Baitul Makmur yg dilihatnya ketika di Akhirat maka bermohonlah pada Allah SWT lalu Allah menurunkan Hajar Aswad dan memerintahkan Malaikat menggoreskan batas-batas di tanah untuk dibangun Ka'bah.
Maka hendaklah di bumi ini manuasia senantiasa bertawaf dan bertasbih memuji Allah sehingga mirip dengan suasana Baitul Makmur di Akhirat itu. Demikian maksudnya
Malaikat melapor setiap hari dan pada waktu Subuh mereka ganti shift (diliran jaga) dengan kelompok malaikat lainnya lalu berkumpul di langit untuk menyampaikan laporan pada Allah dan (malaikat-malaikat) yang turun dari langit dengan cepat, dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang, dan (malaikat-malaikat) yang mengatur urusan (dunia) (Q.S. An-Naazi’aat [79] : 3-5)
Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun (Q.S. Al-Maarij [70] : 4)

T : Nabi Muhammad pernah bilang klu seblm tdr baca surat al ikhlas 3 kali, trs sholawat, trs satunya apa yah lupa...lha itu aku blm jelas btul..lha aku jg pernh baca..klu mau tidur wudhu dulu dan baca Allah uala illah haillah huwal qoyul qoyum..lupa namanya..trs malaikat akan nemenin kita pas tidur alias jaga.?
J : Mengenai Mu'awidzatain yaitu Q.S. Al-Falaq dan An-Naas, haditsnya Dari Abu Ja’far Ar-Razi dari Ar-Rabi’ dari Anas mengatakan : “Orang Yahudi melakukan sesuatu terhadap Nabi SAW sehingga beliau menderita sakit berat, lalu sahabat-sahabat menjenguk beliau dan mereka mengira beliau sakit karenanya lalu Malaikat Jibril datang kepada Beliau menyuruh membaca mu’awidzatain kemudian beliau berta’awaudz dengan dua surat tersebutlalu beliau keluar menemui sahabat dalam keadaan sehat” (H.R. Abu Nu’aim).
Mengenai Allahulaailahailaa itu ayat Kursiy.. haditsnya : Dari Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW menugaskan aku untuk menjaga zakat bulan Ramadhan tiba-tiba datang seorang mengambil bahan makanan yang ada di situ. Karena itu aku menangkapnya dan aku berkata kepadanya : “Aku serahkan kamu kepada Rasulullah” Orang itu menjawab :”Aku sangat membutuhkan makanan dan aku mempunykai keluarga dan aku betul-betul membutuhkan makanan” Maka karena itu aku lepaskan ia…. Dst… untuk ketiga kalinya aku mengintai dia, dan dia betul-betul kembali. Ketika dia sedang mengambil makanan aku segera menangkapnya lalu aku berkata kepadanya : Aku akan membawamu kepada Rasulullah dan ini sudah ketiga kalinya, engkau mengatakan tidak akan kembali ternyata engkau kembali lagi. Orang itu berkata : “Biarkan aku pergi dan aku akan mengajarkan kepadamu kalimat yang dengan itu Allah akan memberikan manfaat kepadamu. Aku bertanya : Apa itu? Ia menjawab : Jika engkau pergi tidur bacalah ayat kursi hingga selesai jika engkau membacanya niscaya engkau diberi penjagaan oleh Allah dan setan tidak akan mendekatimu hingga subuh” (H.R. Bukhari)

T : Saya pernah membaca sebuah buku, dan dbuku itu tertulis jika d sekitar lingkungan rumah terdapt anjing, maka malaikat tdk akan masuk dan apabila didlm rumah tersebut terdapat gambar makhluk bernyawa, malaikatpun enggan utk masuk. bisa mohon diperjelas bagaimana maksudny pak?
J : untuk anjing dan patung ya itu ada haditsnya bahwa malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada aning dan patung.. namun ini adalah persoalan fikih. Dlm penerapannya ada proses utk mengambil staus hukum sejauh apakah tidak bolehnya, dosa besar, haram, atau skadar makruh dll dan bnyk perbedaan pendapat dalam masalah2 fikih spt ini shg tdk bisa dijelaskan secara singkat.


Pembahasan 2.

APAKAH ADA MALAIKAT YANG MENJADI KHADAM?

Khadam artinya adalah penolong. Sebagian kalangan aliran kepercayaan, kebatinan dan klenik ada yang meyakini bahwa malaikat ada yang bisa diberdayakan sebagai pelindung atau penolong. Hal ini adalah kepercayaan yang bathil. Sesungguhnya di dalam Al-Qur’an memang diceritakan bahwa malaikat ada yang sebagai penolong namun hal itu atas perintah Allah.
selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula (Q.S. At-Tahrim [66] : 4).

Sebagian orang juga ada yang meyakini malaikat menjadi pelindung dan penolong dalam peperangan. Hal ini ada benarnya namun pertama, hal itu hanya berlaku bagi pasukan muslim dari kalangan orang beriman
kedua, hal itu hanyalah bisa terjadi ketika Allah mengutus para malaikat untuk membantu kaum muslimin dan bukannya manusia yag melakukan tirakat puasa mutih bertapa atau amalan tertentu sehingga bisa mengerahkan malaikat untuk menolongnya.

Hai orang-orang yang beriman, ingatlah akan nikmat Allah (yang telah dikurniakan) kepadamu ketika datang kepadamu tentara-tentara, lalu Kami kirimkan kepada mereka angin topan dan tentara (dari malaikat) yang kamu tidak dapat melihatnya. Dan adalah Allah Maha Melihat akan apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Ahzab [33]:9 ),


APAKAH ADA MALAIKAT YANG MEMBANGKANG?

Allah menjelaskan dalam firmanNya bahwa malaikat tidak ada yang membangkang Allah SWT berfirman, mereka (malaikat ) itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka selalu mengerjakan perintah-perintah-Nya.” (Q.S. Al-Anbiyaa’: 26-27).

Namun hati2 jika membaca di internet krn dalam aqidah Nasrani diyakini ada kalangan malaikat yang membangkang. Ingatlah juga para malaikat yang melampaui batas-batas kekuasaan mereka, sehingga pergi meninggalkan tempat tinggal mereka. Allah membelenggu malaikat-malaikat itu dengan rantai abadi, di dalam tempat yang gelap di bawah bumi. Di sana mereka ditahan terus sampai hukuman dijatuhkan ke atas mereka pada Hari yang hebat itu nanti (Perjanjian Lama Kitab Yudas Bab 1 ayat 6).

"Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman;" (Perjanjian baru 2 Petrus bab 2 Ayat 4).

Jadi menurut mereka ada malaikat yang berdosa namun Islam tidak meyakini hal itu
Adapun Islam menyangkal adanya malaikat yang berdosa dan membangkang. Hal ini berasal dari persangkaan dan dugaan orang saja.

Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran (Q.S. Yunus [10] : 36)


APAKAH IBLISH ADALAH MALAIKAT PEMBANGKANG?

Ada sebagian kita yg memahami Iblish tadinya adalah malaikat namun ia tidak mau menyembah Nabi Adam a.s ketika ia diciptakan.
Mengapa sampai timbul sangkaan Iblish tadinya adalah malaikat mari kita lihat ayat berikut ini:
'Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para malaikat Sujudlah kamu semua kepada Adam, lalu mereka sujud kecuali Iblish. Ia Iblish berkata : Apakah aku harus bersujud kepada orang yang engkau ciptakan dari tanah? (Q.S. 17:61, QS. 18:50, 20:116).

Di situ Allah memberikan perintah pada para malaikat, namun kok tiba2 dipersoalkan Iblish yg tak mau bersujud? Berarti iblish bagian dari jajaran malaikat? Begitu sangakaan orang.

Dan (ingatlah) ketika Kami berkata kepada malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam", maka mereka sujud kecuali iblis. Ia membangkang (Q.S. Thaha [20] : 116).

Coba perhatikan kata "mereka (para malaikat) sujud KECUALI iblish.. lha berarti Iblish itu bagian dari malaikat???
Kita bisa memahami kesan ini. Sekiranya tidak ada keterangan yang tegas dari Allah bahwa Iblish adalah dari golongan jin, maka niscaya kami pun berfikir demikian bahwa Iblish adalah golongan malaikat yang membangkang Namun Al-Qur’an secara tegas menyatakan bahwa Iblish dari golongan jin Dia iblish dari golonan jin (Q.S. 18:50).

Maka jelas di sini Iblish adalah jin yg terbuat dari api sedang malaikat adalah jenis makluk yg terbuat dari cahaya jadi berbeda.
Hati2 dengan tulisan2 di internet dimana dalam kepercayaan di luar Islam dikatakan bahwa Iblish pada mulanya adalah malaikat yang membangkang


APAKAH MALAIKAT ADA YANG MASUK NERAKA?

Malaikat adalah makhluk yang selalu taat dan melaksanakan perintah Allah maka bagaimana mungkin ada malaikat yang masuk neraka? Dalam Islam Malaikat yang masuk neraka hanyalah Malaikat Zabaniyah dan Malaikat Malik yang bertugas menjaga dan menyiksa penghuni neraka.
Namun hati2 kepercayaan akan adanya malaikat yang masuk neraka berasal dari Bible Perjanjian Baru, yaitu dalam kitab Injil Karangan Matius :
Dan Ia (Yesus) berkata kepada mereka yang di sebelah kiriNya “Enyahlah dari hadapanKu hai kamu orang-orang yang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblish dan malaikat-malaikatnya (malaikat pembangkang yang bersekutu dengan Iblish) (Bible Perjanjian Baru Injil Matius Bab 25 Ayat 41)


LALU BGM DGN LUCIFER YANG TADINYA MALAIKAT?  

Dalam film2 Holywood sering diceritakan adanya tokoh Lucifer yang semula adalah malaikat namun ia berdosa dan membangkang
Nama Lucifer tidak dikenal dalam aqidah Islam. Demikian pula tak ada malaikat bernama Lucifer.
Dalam. Nama Lucifer baru muncul ketika disebutkan oleh Saint Jerome pada Abad ke-4 M ketika menerjemahkan Sisa2 Kitab Nabi Yesaya 14:12
Kitab Yesaya termasuk dalam Bible perjanjian lama. Sebenarnya istilah aslinya dalam Taurat bahasa berbahasa ibrani adalah “Heylel ben syakhar” entah mengapa lalu diterjemahkan ke dalam dalam bahasa latin menjadi lucifer qui mane oaribaris (lucifer putra sang fajar).
"quomodo cecidisti de caelo lucifer qui mane oriebaris corruisti in terram qui vulnerabas gentes" yang artinya Wahai, engkau sudah jatuh dari langit, hai Lucifer , putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!"

Maka sikap Islam adalah : Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengadakannya Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuk hal itu. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka (Q.S. An-Najm [53] : 23)


APAKAH SAMA MALAIKAT DENGAN PERI?  

Tidak, malaikat bukanlah peri. Peri yang sering diceritakan dan dipercayai keberadaannya kemungkinan adalah dari golongan Jin. Dan Malaikat bukanlah dari golongan jin
APAKAH BIDADARI SURGA ADALAH PARA MALAIKAT? Bidadari surga bukanlah dari golongan malaikat dan harap dipahami malaikat bukanlah wanita.
Mereka menyangka malaikat itu berkelamin perempuan. Hal ini sering nampak pada lukisan-lukisan gereja2 pada abad pertengahan.

Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan malaika-malaikat itu? Kelak akan dituliskan persaksian mereka dan mereka akan dimintai pertanggung-jawaban (Q.S. Az-Zukhruf [43]: 19)


APAKAH ADA MALAIKAT YANG MENJADI PENUNGGU BUMI INI?  

Mereka Menyangka Di Alam ini ada penghuni bumi dari jenis malaikat Katakanlah: "Kalau seandainya ada malaikat-malaikat yang berjalan-jalan sebagai penghuni di bumi, niscaya Kami turunkan dari langit kepada mereka seorang malaikat menjadi rasul jawaban (Q.S. Al-Israa’ [17]: 95)

APAKAH MALAIKAT ANAK PEREMPUAN TUHAN?  

Na'udzubillah min dzalik. Mereka mengatakan bahwa malaikat adalah anak perempuan Allah. Sungguh inilah yang juga dikatakan kaum musyrikin. Maha Suci Allah dari anggapan ini. Hal ini terdapat dalam firman-Nya, yang artinya, “Dan mereka menetapkan bagi Allah anak-anak perempuan. Maha Suci Allah, sedang untuk mereka sendiri apa yang mereka sukai.” (Q.S. An-Nahl [16]: 57)

Sesi Tanya jawab 2.

T : Ana prnh mmbaca percakapan di sbuah grup keislaman (& juga artikel) yg mengatakan bhw iblis (sebelum trjadi pembangkangan saat di suruh sujud kpd nabi adam) dahulu adalah penghulu malaikat. benarkah demikian?. namanya klo ga salah inget adlh zilzal/zalzal (ana lupa). tp ana blm nemu riwayat hadits-nya.
J : Maksudnya nya surat Al-Zalzalah? Rasanya tidak ada perkataan Jibril adalah penghulu para Malaikat.. Q.S. Al-Zalzalah berbicara mengenai peristiwa hari kiamat Eh mksdnya Iblis penghulu malaikat???/ lha sudah dijelaskan tadi bahwa Iblish adalah gol jin bukan malaikat. Beda spesies beda bahan baku..

T : Apakah nanti diakhrt qt bs liat wujud asli malaikat2..sepert rasul yg melihat malaikat jibril? Adakh ktetntuan jumlah malaikat? Sy perna bc brg siapa yg menjenguk saudra muslimx yg skt akan didoakn 70.rb malaikat?
J : Iya nanti di akhirat pada peristiwa padang mahsyar dan yaumil hisab kita akan melihat malaikat dalam wujud aslinya..Pada hari itu mereka melihat malaikat. Di hari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa mereka berkata: "Hijraan mahjuuraa” (Q.S. Al-Furqon [25] : 22)
Soal didoakan oleh 70rb malaikat itu ada haditsnya Namun Jumlah malaikat sebenarnya hanya Allah yg tahu, yang jelas amat sangat banyak. “Dan tidak ada yang mengetahui tentara Rabbmu (yakni malaikat) melainkan Dia sendiri” (Q.S. Al Mudatsiir:31).

Soal menjenguk saudaranya itu haditsnya : Dari Ali bin Abi Thalib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh" (H.R. Imam Ahmad dalam Al Musnad no. 754, dishahihkan oleh Ahmad Syakir)

T : Bukan surat al-zalzalah, akh. memang namanya iblis itu adlh zilzal. ana sendiri blm tau mereka merujuk dlm kitab apa. soalnya ana sendiri baru tau ttg hal ini. inilah yg membuat ana penasaran. si iblis (yg katanya zilzal) ini mmpunyai kedudukan di atas para malaikat lainnya. oleh krn dia trmasuk makhluk yg paling patuh (sebelum trjadi pembangkangan). wallahu a'lam... utk masalah yg satu ini ana blm nemu jawabannya.
J : sy tahu mks ukhti itu nama aslinya Iblish adalah Al-Zilzal disebutkan dalam kitab Bidayah wa Nihayah karangan Ibnu Katsir namun sayangnya dlm kitab tsb tidak ada dalil haditsnya jadi itu hanya riwayat cerita atau perkataan seseorang saja. Wallahua'lam 

T : kalau kita berpergiaan truz baca doa dn di dahulukan shalat dhuha ato ibdah lain'y.. Allah akan mengirim psukan malaikat untuk melindungi kita.. bila suatu ketika itu kita hampir saja terjadi kecelakaan.. namun tiba2 ada mobil lain yg melindungi kita menbrakan diri. itu bisa dikatakan bahwa malaikat Allah yg menjelma menjadi mobil itu.. bnar kah bisa bgitu?..
J : Malaikat menjelma sbg lelaki tampan ada dalilinya, sbg wujud aslinya ada dalilnya, tapi afwan sy blm ketemu dalil yg menceritakan malaikat menjelma dalm wjud lainnya termasuk jadi mobil. Adapun kita berdoa dan berlindung pada Allah, maka terserah pada Allah akan menyelamatkan dan melindungi kita dengan cara mngutus makhluqnya yg mana belum tentu dari jenis malaikat mgkn bisa dari sesama manusia atau benda lainnya.

T  : Jadi bisa kah kita percaya bhwa Allah mengirim psukan malaikat untuk melindungi kita termasuk dlm konteks iman kpda malaikat?
J : Benar bahwa malaikat itu salah satu tentara bala bantuan yg dikirm Allah. Firman Allah SWT artinya Hai orang-orang yang beriman, ingatlah akan nikmat Allah (yang telah dikurniakan) kepadamu ketika datang kepadamu tentara-tentara, lalu Kami kirimkan kepada mereka angin topan dan tentara (dari malaikat) yang kamu tidak dapat melihatnya. Dan adalah Allah Maha Melihat akan apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Ahzab [33]:9)

T : Boleh kah kita menggap seseorang seperti malaikat?.. misal'y ibu kita?
J :  "seperti malaikat" sekadar ungkapan kecintaan boleh2 saja.. tentunya sy percaya Ukhti tidak menganggap benar2 spt malaikat dlm artian ia mendapat mandat Allah utk menyampaikan sesuatu atau ia bersofat maksum (bebas salah bebas dosa karena malaikat selalu taat pada Allah)... kalau benar2 dianggap malaikat bebas salah bebas dosa spt itu maka hal itu tidak boleh

T : Sy sering menuliskan di bag akhir status (status ttg keinginan membahagiakan org2 yg sy sayangi) berbunyi : masih ttp dg khayalanku mjd malaikat mski tanpa sayap. Apa sy berdosa menulis bgtu.?
J  : boleh saja asal bukan benar2 mengangap sebagai penjelmaaan malaikat

T : Di hari kiamat nanti pd saat sluruh makhluk yg brnyawa dwafatkn trmsuk malaikat. Maka yg trakhir dcabut nyawanya apakah malaikat jibril atw mlaikat pencabut nyawa? Jazakallohu khairon pak?
J : Mengenai apakah malaikat termasuk makhluq yg mengalami kematian ketika tiupan sangsakala pada hari kiamat? maka itu ada 3 pendapat di kalangan ulama. Ada yg bilang semua mati trmasuk malaikat, dan yg dibangkitkan pertama adalah Jibril namun sejauh yg saya tahu tidak didukung dalil2 yg kuat. Lalu ada yg berpendapat sebagian malaikat ikut mati, dan sebagian tidak. Dan pendapat ke-3 bhw malaikat tidak mati karena termasuk yg dikecualikan sebagaimana firman Allah Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah.(Q.S. An Naml : 87)
Namun malaikat tetap muncul menjelma sebagai manusia yg dilihat oleh sebagian orang kafir dan tidak terlihat oleh orang lainnya sebagaimana kita dengar dalam kisah jihad di Afghanistan atau ketiika konflik di Ambon ketika itu. Namun blm ada dalil bahwa malaikat menjelma jadi roket atau tank utk menolong pasukan muslim..

T : Tadi ditulis bahwa "orang2 yg diwafatkan malaikat dlm keadaan menganiaya diri sendiri..." menganiaya diri sendiri itu maksudnya bagaimana ya pak?
 J : Maksud "menganiaya diri sendiri di ayat tsb" sesuai peristiwa turunnya ayat secara khusus mksdnya adalah org yg bakhil dan tidak mau infaq/bersedekah. namun kita tetap bisa mengambil makna umum adalah orang2 yang tidak mau berbuat kebaikan dan beramal sholeh

T : Saya pernh membaca hal yg berkaitan dgn pertanyaan sy td, disitu diterangkan bhw Malaikat Jibril mondar mandir antara Syurga dan Neraka menyampaikan jwbn kepd Rasulullah.. Hanya saja disitu kurang lengkap tanpa mencantumkan ayat ayatnya.
J  : Saya tidak tahu ada malaikat JIbril mondar mandir tp yg sy tahu ini haditsnya : Dari Abdullah bin Masud ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Sungguh, aku benar-benar tahu penghuni neraka yang keluar terakhir dari sana dan penghuni surga yang terakhir masuk ke dalamnya, yaitu seorang yang keluar dari neraka dengan merangkak. Lalu Allah berfirman: Pergilah, masuklah ke dalam surga. Dia pun mendatangi surga, tapi terkhayal padanya bahwa surga itu penuh. Maka ia kembali dan berkata: Ya Tuhanku, aku temukan surga telah penuh. Allah berfirman: Pergilah, masuklah ke dalam surga. Dia mendatangi surga, tapi terkhayal padanya bahwa surga itu penuh. Maka ia kembali dan berkata: Ya Tuhanku, aku temukan surga itu penuh. Allah berfirman: Pergilah, masuklah ke dalam surga, karena sesungguhnya menjadi milikmu semisal dunia dan sepuluh kali kelipatannya atau, sesungguhnya bagimu sepuluh kali lipat dunia. Orang itu berkata: Apakah Engkau mengejekku (atau menertawakanku), sedangkan Engkau adalah Raja? Abdullah bin Masud berkata: Aku benar-benar melihat Rasulullah saw. tertawa sampai kelihatan gigi geraham beliau. Dikatakan: Itu adalah penghuni surga yang paling rendah kedudukannya. (Shahih Muslim No.272).

Malaikat memang memintakan syafaat jug aagr orang dikeluarkan dari neraka. Rasulullah dan orang2 mukmin juga berhak meminta syafaat hingga diselamatkan orang keluar neraka :
Kemudian orang-orang berikutnya, wajah mereka seperti terangnya bintang-bintang di langit. Demikian seterusnya. Kemudian syafaat diizinkan. Mereka pun memintakan syafaat, hingga keluar orang-orang yang mengucap: Laa ilaaha illallah dari neraka dan orang-orang yang di hatinya terdapat kebaikan seberat gandum. Mereka ditempatkan di halaman surga, sedangkan ahli surga memerciki mereka dengan air, sampai mereka tumbuh bagaikan tumbuhnya sesuatu (tumbuhan) di dalam banjir. Hilanglah hangus tubuh mereka. Kemudian ia (orang terakhir) meminta Allah memberikannya dunia dan sepuluh kali lipatnya. (H.R. Muslim No.278).

SELESAI

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.
-Team admin RDM-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar